12 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Inilah Tujuh Makanan Khas Kalimantan Timur


Inilah Tujuh Makanan Khas Kalimantan Timur
Gence Ruan, salah satu makanan khas Kalimantan Timur.

KLIKSENDAWAR.COM- Sama dengan provinsi lainnya di Indonesia, Kalimantan Timur juga memiliki beberapa makanan khas andalan. Masalah rasa, tidak kalah enak dan lezat dengan kuliner khas provinsi lainnya di Indonesia.

Kebanyakan makanan khas Kalimantan Timur dipengaruhi perpaduan antara kebudayaan suku asli Kaltim, seperti suku Kutai dan Dayak dengan kebudayaan suku pendatang seperti suku Banjar, Bugis dan Banjar. Berikut ulasannya.

1. Nasi Kuning
Nasi Kuning adalah salah satu jenis varian menu makanan yang terbuat dari nasi di Indonesia dan makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini sangat umum ditemukan di Kaltim, terutama di pagi hari untuk sarapan.

Nasi Kuning khas Kalimantan Timur ini terbuat dari beras yang dimasak dengan rempah-rempah seperti santan, kunyit, dan lainnya. Nasi Kuning disajikan dengan berbagai macam lauk seperti telur, ikan, ayam, atau daging lainnya.

Untuk warna kuning yang merupakan ciri khasnya berasal dari warna kunyit yang diparut dan dicampurkan dengan rempah lainnya yang membuat Nasi Kuning memiliki rasa yang enak dibanding nasi putih biasa.

2. Ayam Cincane
Dulu, makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini hanya akan dihidangkan saat acara-acara penting saja seperti pernikahan atau kelahiran, tapi sekarang menu ini sudah banyak disediakan di warung-warung makan di Kalimantan Timur.

Bahan utamanya adalah ayam kampung, karena daging ayam kampung dikenal lebih gurih dibanding ayam potong atau ayam lainnya. Daging ayam kampung tersebut diberi bumbu dengan bermacam rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kemiri dan lainnya. Kemudian dibakar di bara api hingga matang atau bisa juga digoreng. Ayam Cincane ini sangat nikmat disantap dengan nasi putih.






Comments

comments


Komentar: 0