12 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Maknyus, Sambal Kutai yang Segar Nan Gurih yang Patut Dicoba


Maknyus, Sambal Kutai yang Segar Nan Gurih yang Patut Dicoba
Sambal kutai dengan berbagai variasi sesuai selera.

KLIKSENDAWAR.COM- Paduan terong dan kacang panjang yang ditumis dengan sambal terasi disiram jeruk kunci sangatlah sedap. Masyarakat Kalimantan Timur mengenalnya dengan Sambal Kutai.

Pemerhati kuliner Bondan Winarno pernah menulis sekelumit tentang sajian pedas lezat ini. Banyak yang menyebut sambal ini dengan sambal raja. Namun sambal ini disebut Bondan turun kasta karena populer di kalangan rakyat.

Pencetus istilah mak nyus itu mendeskripsikan rasa sambal Kutai. Rasa asam tipis dan aroma mengundang selera, dihasilkan oleh jeruk kunci--disebut limau kasturi di Medan atau lemon cui di Minahasa. Ada sedikit rasa manis di dalam sambal Kutai, sementara pedasnya cukup namun tak sampai menggigit. Biasanya, biji cabai dibuang.

Sambal ini ditumis dengan minyak hingga tanak. Disajikan bersama berbagai lauk yang terdiri dari sayur dan telur yang sudah digoreng terpisah. Banyak yang menjadikan sambal Kutai sebagai pendamping makan nasi bakepor, nasi liwet khas Kutai. Selain itu, ikan patin goreng atau teri goreng juga kerap dipadankan dengan sambal khas ini.

Meski sederhana dan nikmat, masyarakat Kalimantan Timur jarang menyajikannya sehari-hari. Sambal ini lebih sering ditemui di acara-acara khusus. Bondan pun menyayangkan, tidak ada standar baku penyajian sambal Kutai.

Tak mengherankan jika ada berbagai jenis resep. Pada intinya bahan sambal sama, terdiri dari terung, kacang panjang, cabai, tomat, terasi. Selain itu ada beberapa bahan juga yang berbeda.



Reporter : Inara Dafina | Berbagai sumber    Editor : Juna Basir



Comments

comments


Komentar: 0