12 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Benarkah Nasi Goreng Makanan Khas dari Indonesia?


Benarkah Nasi Goreng Makanan Khas dari Indonesia?
Ilustrasi nasi goreng.

KLIKSENDAWAR.COM- Tidak dapat dipungkiri jika saat ini nasi goreng merupakan makanan yang sudah banyak dikenal masyarakat. Tidak hanya di Indonesia, nasi goreng juga ada di berbagai negara namun dengan varian yang beragam.

Bahan serta bumbu-bumbunya pun cukup bervariasi, meskipun demikian tetap saja bahan utama dalam memasak nasi goreng adalah nasi yang sudah dingin atau tidak hangat. Seperti yang kita kenal, nasi goreng yang mudah ditemukan di Indonesia yaitu nasi goreng jawa, nasi goreng ikan asin, nasi goreng kambing, nasi goreng pete, dan ada juga nasi goreng-nasi goreng lainnya.

Hampir setiap minggunya kita menyantap makanan lezat yang satu ini, namun demikian apakah anda tahu dari mana asal usul makanan tersebut? Makanan yang dinamai fried rice dalam bahasa inggris ini ternyata sudah ada dari ribuan tahun silam. Yakni tahun 4000 sebelum masehi.

Masakan ini ternyata merupakan masakan tradisional masyarakat Tionghoa. Pada masa itu banyak sekali masyarakat Tionghoa yang merantau dan tinggal di berbagai negara yang ada di belahan dunia.

Kemudian penyebaran nasi goreng ini terjadi karena masyarakat Tionghoa yang tinggal tersebut memilih untuk tinggal menetap dan mencoba menciptakan masakan nasi goreng khas lokal miliknya.

Dengan cara menyesuaikan bumbu-bumbu yang ada di tempat tinggal mereka saat itu, jadilah nasi goreng dengan rasa yang unik. Tentunya cita rasa yang ia ciptakan berbeda dengan rasa nasi goreng yang ia buat dengan bumbu-bumbu asli tempat masyarakat Tionghoa lahir.



Reporter : Aysah Idris | Berbagai sumber    Editor : Juna Basir



Comments

comments


Komentar: 0