21 Juli 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Empat Pilihan Pereda Nyeri Alami saat Melahirkan


Empat Pilihan Pereda Nyeri Alami saat Melahirkan
Ilustrasi.

KLIKSENDAWAR.COM- Kontraksi yang terus-menerus dan proses bukaan saat melahirkan bisa dibilang proses yang tak bisa ditebak. Ada yang hanya sebentar, tapi ada juga yang berhari-hari. Selama kontraksi terjadi tentu saja rasa sakit terus meningkat.

Suntikan anastesi atau epidural bisa membantu meredakan nyeri saat proses melahirkan. Namun ada cara lain yang mungkin bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri. Cara ini tak menggunakan obat-obatan dan bisa Anda lakukan dengan bantuan pasangan.

Bergerak
Selama kontraksi cobalah untuk banyak bergerak. Bisa berjalan kaki atau melakukan aktivitas lain yang menyenangkan. Ada beberapa yang disarankan seperti gerakan squat atau duduk di atas stability ball. Pergerakan tubuh yang aktif bisa sedikit mengurangi rasa nyeri dibandingkan jika duduk diam. Bergerak juga bisa mempercepat proses melahirkan.

Mandi air hangat
Air hangat sangat efektif untuk mengurangi stres, menciptakan relaksasi, juga meredakan rasa nyeri. Untuk itu disarankan membilas tubuh dengan air hangat. Cukup siram tubuh dengan air hangat, bukan berendam.

Pijat dan sentuhan
Pijatan dan sentuhan juga bisa mengurangi rasa nyeri saat kontraksi. Stres pada ibu pun jadi berkurang. Mintalah pasangan untuk memberi pijatan atau sekedar sentuhan di area punggung dan pinggang.

Musik dan aromaterapi
Bagi Anda yang suka dengan musik, cobalah pasang lagu atau instrumen favorit. Biasanya musik bisa mengurangi level stres dan bisa meredakan nyeri. Buat juga suasana nyaman dalam kamar dengan memasang aromaterapi. Musik yang tenang ditambah aroma yang membuat rileks akan membuat tubuh serta pikiran lebih santai dan siap menghadapi proses melahirkan. (Sumber: KidSpot)

Reporter : Inara Dafina    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0