21 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Main Panas-panasan Kurangi Risiko Rabun Jauh


Main Panas-panasan Kurangi Risiko Rabun Jauh
Ilustrasi.

KLIKSENDAWAR.COM- Bersepeda, main bola atau permainan lain di luar rumah memang membuat anak jadi terlihat hitam dan kotor. Tapi dengan membiarkannya banyak bermain di luar rumah, bisa sangat menguntungkan bagi kesehatan matanya.

Siapa sangka kalau bermain panas-panasan ini berdampak positif bagi mata anak. Penelitian tim dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, menemukan fakta jika paparan sinar ultraviolet B (Uv B) bisa mengurangi risiko terjadinya miopia (rabun jauh) atau mata minus yang kerap terjadi pada anak-anak usia sekolah.

"Penyerapan sinar matahari di masa kanak-kanak, ternyata berdampak signifikan untuk mengurangi risiko rabun jauh," kata salah satu peneliti, Dr Astrid E. Fletcher.

Penelitian ini melibatkan 4.166 orang yang berusia 65 tahun ke atas, dari 6 pusat penelitian kesehatan mata di Eropa. Pemeriksaan mata (refraksi) dilakukan untuk mengetahui kondisi mata, termasuk sampel darah. Mereka juga diberikan kuesioner seputar kebiasaan bermainnya ketika anak-anak.

Para peneliti menemukan bahwa peningkatan paparan UVB pada usia 14 sampai 19 tahun dan 20 sampai 39 tahun berkaitan dengan kemungkinan penurunan miopia. "Sebagai efek perlindungan dari waktu ke waktu, main di luar rumah bisa digunakan dalam intervensi klinis untuk langkah pencegahan," kata Fletcher.

Miopia adalah sebuah kelainan mata yang membuat penderitanya kesulitan untuk melihat benda jauh. Pemicunya sangat kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk lingkungan dan genetik.(*)

Reporter : Daily Mail    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0