17 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

4 Mei: Diancam Ribuan Pendemo, PM Inggris Akhirnya Naikkan Gaji Para Dokter


4 Mei: Diancam Ribuan Pendemo, PM Inggris Akhirnya Naikkan Gaji Para Dokter
Ilustrasi dokter (The Library of Congress)

KLIKSENDAWAR- Perdana Menteri Inggris, Harold Wilson, yang menjabat dua periode yakni 1964-1970 dan 1974-1876, mengumumkan bahwa pemerintah menaikkan gaji dokter dan dokter gigi hingga 30 persen pada 4 Mei 1966.

Keputusan kabinet tersebut dipicu oleh ancaman dari ribuan dokter untuk meninggalkan pekerjaan di bawah dinas kesehatan Inggris dan lebih memilih praktik swasta.

Namun, hal tersebut justru bertentangan dengan kebijakan upah nasional 3 hingga 3,5 persen dan membuat marah serikat buruh yang mewakili pekerja kerah biru -- kelas pekerja yang lebih mengandalkan tenaga fisik.

Dikutip dari BBC On This Day, Sebanyak 23 ribu dokter umum di Inggris mengalami kenaikan gaji, yaitu sekitar 1.000 poundsterling atau Rp 19,3 juta, yang akan dibayar dua tahap -- separuh tahun ini dan sisanya pada tahun depan.

Dokter dan dokter gigi rumah sakit juga akan mendapat kenaikan gaji langsung, dengan rata-rata kenaikkan 13,4 persen sementara dokter muda 30 persen.

"Saya harap bentuk penghargaan untuk dokter umum akan diterima oleh keluarganya dan menjadi awal dari sebuah era baru bagi dokter umum," ujar Menteri Kesehatan Inggris, Kenneth Robinson, kepada BBC.

"Saya berharap ini juga akan membendung perpindahan dokter muda dan akan mendorong dokter muda lainnya untuk bergabung ke praktik umum yang belum pernah dilakukan," tambah Robinson.



Reporter : S Said    Editor : Juna Basir



Comments

comments


Komentar: 0