17 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Jokowi Minta Pembangunan Kilang Bontang Tidak Sebatas Wacana


Jokowi Minta Pembangunan Kilang Bontang Tidak Sebatas Wacana

KLIKSENDAWAR.COM - Pemerintah mendesak proyek kilang minyak di Kota Bontang, Kalimantan Timur tidak ditunda lagi pembangunannya.

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut B Pandjaitan mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya menghentikan perdebatan pembangunan New Grass Root Refinery (NGRR) itu, yang sudah berlangsung selama dua tahun.

“Beliau (Jokowi, Red) katakan, waktu dua tahun sudah cukup. Jangan wacana saja, ini (pembangunan kilang Bontang, Red) harus jalan. Kalau ada yang macam-macam, tindak,” ujar Luhut dikutib dari laman nasional.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan proyek kilang anyar berkapasitas 300 ribu barel per hari itu telah ditetapkan menjadi salah satu proyek prioritas, yang akan dikebut pembangunannya oleh pemerintah. Namun, hingga saat ini masih belum berjalan karena internal pemerintah masih silang pendapat skema pembangunan proyek tersebut.

Komite Percepatan Proyek Infrastruktur Prioritas (KPPIP) ingin agar proyek tersebut bisa dibangun dengan skema kerjasama pemerintah badan usaha, karena itu sudah diputuskan dalam rapat bersama. Sementara itu, Kementerian ESDM ingin agar proyek tersebut bisa dijalankan dengan skema penugasan ke Pertamina.

Wahyu Utomo, Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Wilayah beberaa waktu lalu mengatakan, KPPIP akhirnya melunak. Sebelumnya, mereka telah memutuskan agar proyek tersebut bisa dilaksanakan dengan skema kerjasama pemerintah badan usaha, mereka akhirnya mengizinkan jika skema lain mau digunakan.

"Silakan, kalau mau penugasan silahkan jalankan yang penting masyarakat bisa terlayani," katanya.(*)

Reporter : Raisha Azzalea Khairunnisa    Editor : Juna Basir



Comments

comments


Komentar: 0