26 Mei 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kasus Sengketa Lahan di Kutim Meningkat


Kasus Sengketa Lahan di Kutim Meningkat
Kabag Operasional Polres Kutim, Kompol Bambang Herkamto

KLIKSENDAWAR.COM - Sepanjang tahun 2016, Polres Kutai Timur (Kutim) menangani 27 kasus sengketa lahan wilayah Kutai Timur.

"Untuk kasus sengketa lahan, ada 27 kasus yang kami tangani. Kasus ini meningkat dari tahun sebelumnya," ujar Kapolres Kutim, AKBP Rino Eko didampingi Kabag Ops, Kompol Bambang Herkamto, Selasa, 10 Januari 2017.

Bambang menambahkan, kasus sengketa lahan di Kutim dominan terjadi antara masyarakat dan pihak perusahaan.

"Dari 27 kasus, 50 persen diantaranya antara terjadi antara perusahan dan masyarakat," katanya.

Munculnya kasus sengketa lahan di Kutim berawal dari saling klaim kepemilikan lahan antara kedua belah pihak yang berselisih.

"Saling klaim di antara kedua belah pihak yang bersengketa, baik pihak yang satu mengaku memiliki hak untuk tanah tersebut, di pihak lain juga merasa mempunyai hak disitu," tutur Bambang

Setelah tidak menemukan jalan damai, kedua belah pihak membawa kasus sengketa lahan ke Polres Kutim. Dalam kasus itu kata Bambang, Polres Kutim hanya melakukan mediasi kedua belah pihak, dengan melihat bukti-bukti berupa surat yang menguatkan kepemilikan lahan yang disengketakan.

Dalam mediasi yang dilakukan Polres Kutim ,tak jarang kedua pihak sama-sama memiliki bukti atas kepemilikan lahan baik berupa surat kepemilikan atau surat bukti pembebasan.

"Anehnya, mereka sama sama punya alat bukti, untuk membuktikan dan menentukan kekuatan surat pegangan kedua pihak, hanya bisa di pengadilan perdata, maka kami menyarankan mereka untuk ke Pengadilan," katanya. (*)

Reporter : Ardhan Ahmad    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0