25 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Akan Ada Pabrik Minyak Goreng di Bontang


Akan Ada Pabrik Minyak Goreng di Bontang
Master plan kawasan industri di Kelurahan Bontang Lestari (BAPPEDA BONTANG)

KLIKSENDAWAR.COM - Rencana pembangunan pabrik minyak goreng di Kota Bontang, Kalimantan Timur sudah dipikirkan secara matang oleh Gama Corporation (Gamacorp) melalui anak perusahaannya, PT Energi Unggul Persada.

Tim riset Gama Corp sudah mengunjungi dan mensurvei lokasi di Kota Bontang selama 6 bulan dan tiga kali bolak-balik ke Bontang. Hal ini dilakukan sebelum manajemen Gama Corp bertemu langsung dengan Walikota Bontang, dr Neni Moerniaeni.

Research dan Business Development Gamacorp Lian Pongoh menjelaskan, kunjungan selama 6 bulan itu bertujuan untuk memetakan lokasi pabrik, termasuk mengecek kedalaman laut Bontang yang nantinya akan jalur angkutan produk olahan sawit Kaltim.

"Kami sudah petakan, lokasi yang cocok itu di daerah Bontang Lestari. Kawasan itu masih terbuka dan akses ke laut juga dekat," ujar Lian Pongoh.

Lanjut dia, saat ini proses pembebasan lahan sudah mulai dijajaki. Secara keseluruhan total luasan lahan yang dibutuhkan untuk membangun industri refinery sawit sekitar 300 hektare. Adapun kapasitas produksi pabrik yang direncanakan, masing-masing sebesar 2.500 ton per hari untuk minyak goreng, dan 1.000 ton per hari untuk produk biodiesel.

"Nantinya produk ini akan kita pasarkan dalam negeri, dan sebagian untuk pasar ekspor," tuturnya.

Ia berharap Pemkot bisa memberikan kemudahan dalam proses perizinan sehingga proses pembangunan pabrik bisa dimulai tahun ini juga. "Kami hanya butuh jaminan perizinan dari Pemkot Bontang," pungkasnya. (*)

Reporter : Ihkwal Setiawan    Editor : Juna Basir



Comments

comments


Komentar: 0