17 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Merah Putih Berkibar di Perairan Maratua


Merah Putih Berkibar di Perairan Maratua
Pengibaran bendera di perairan Maratua

KLIKSENDAWAR.COM - Meski dibawah guyuran hujan, tak menyurutkan semangat pengibaran Sang Saka Merah Putih dalam peringatan HUT RI ke-72 tahun, yang berlangsung di perairan Kepulauan Maratua, Berau. Kamis, 17 Agustus 2017.

Sejumlah penyelam lintas profesi dan jurnalis, bergabung menjadi satu mengibarkan bendera kebangsaan dengan rasa nasionalisme yang tinggi. Sebagai wujud kecintaan terhadap tanah air, dan memaknai kemerdekaan atas perjuangan para pendahulu bangsa.

Semangat personil pasukan pengibar bendera di perairan Maratua ini patut diacungi jempol. Begitupun dengan Wakil Bupati Agus Tantomo, yang bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara.

Menurutnya, meskipun menjadi pulau terluar di Indonesia, namun keberadaan Maratua tetap tak bisa dipisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bentuk sikap dan ketegasan tersebut, salah satunya diwujudkan melalui upacara dan pengibaran bendera di perairan Maratua.

“Ini bukti nyata dan komitmen Pemerintah, untuk setiap jengkal daerah yang ada di Berau akan kami datangi. Meskipun Pulau Maratua merupakan pulau terluar Indoensia, namun tetaplah bagian dari NKRI," tuturnya.

Selain itu, dikatakannya, setiap tahunnya upacara kemerdekaan akan dilaksanakan berpindah, sebagai wujud kesamaan dan pemerataan perhatian pemerintah Kabupaten kepada seluruh wilayah yang ada di Berau.

Meski belum bisa memastikan lokasi upacara tahun depan, namun diyakinkan Agus Tantomo, jika pemerintah tetap berkomitmen untuk memperhatikan dan mengakomodir seluruh kecamatan yang ada. Termasuk pemerataan pembangunan.

“Untuk tahun depan belum bisa saya pastikan, namun akan terus berpindah tempat pelaksanaan Upacara Kemerdekaan ini,” lanjutnya.

Sementara untuk kegiatan kali ini, diakui Wabup Agus, hanya melalui persiapan singkat dalam satu minggu terakhir. Pasalnya terlebih dulu kegiatan harus memastikan memperkirakan kondisi cuaca, gelombang, dan arus bawah laut.

“Kami memilih mengibarkan bendera merah putih dibawah laut dengan kedalaman 17 meter, serta menyertakan 17 penyelam, sebagai wujud menghormati jasa para pejuang,” terangnya.

Dipilihnya perairan Maratua bukan tanpa alasan. Sebab bawah laut dikawasan ini sangat indah dan alami, dan menjadi sebuah kebanggaan dari Kabupaten Berau.

“Kami ingin menunjukkan inilah Maratua, dengan keindahan bawah lautnya,” pungkasnya. (*)

Reporter : M Hidayat    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0