12 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pemkab Kubar Pantau Harga Karet


Pemkab Kubar Pantau Harga Karet
Rapat Pemantauan Harga Karet di Kabupaten Kutai Barat di laksanakan beberapa waktu lalu yang di pimpin langsung oleh Asisten II Setkab Kubar

KLIKSENDAWAR.COM - Rapat Pemantauan Harga Karet di Kabupaten Kutai Barat di laksanakan beberapa waktu lalu yang di pimpin langsung oleh Asisten II Setkab Kubar yang di ikuti oleh OPD Terkait, Perwakilan Koperasidan UKM serta beberapa Petani Karet diruang Rapat Sekda.

Karet merupakan salah sektor Perkebunan yang sangat banyak di minati oleh warga Kubar hal ini yang kemudian menyebabkan sebagian besar matapencaharian warga adalah sebagai petani karet.

Menyikapi permasalahan yang muncul akibat anjloknya harga karet yang dibeli dari Petani karet yang turun menyentuh harga sekitar RP. 4000 perkilonya. Maka Pemerintah Kabupaten Kubar melalui Asisten II Yohanes Kinam menjelaskan ada beberapa langkah atau solusi yang diambil oleh Pemerintah terkait permasalahan tersebut.

Antara lain, Pemerintah akan ke Palaran pada bulan Agustus ini untuk meninjau harga karet di sana terkait ada Perusahan disana yang siap menampung, kedua Pemerintah mengupayakan disini ada 7 Koperasi yang siap menampung dan ketiga di Kubar ini ada UPT yang siap membantu untuk menampung.

Selanjutnya Ia menghimbau agar para Petani untuk jujur dalam mengolah hasil karet tersebut di mana harus hasilnya sesuai standar yang diberikanya itu dalam keadaan bersih tidak tercampur pengotor seperti kerikil, kayu atau pasir. “Pemerintah akan berusaha membantu masyarakat khususnya Petani karet agar harga beli karet tetap stabil kiranya para Petani bisa memelihara tanaman karetnya dengan baik dan utamakan selalu menjaga kualitas karet hasil setelah penyadapan karet”, imbuhnya.

Kabag Ekonomi yang ditemui melalui Kasubbag Produksi Daerah Lelen Gloria mengatakan “saat ini memang ada beberapa keluhan dari Petani karet terkait turunnya harga karet tersebut. Setelah ditelusuri salah satu penyebab penurunan harga ini di sebabkan karena kondisi karet yang dihasilkan kotor karena tercampur pasir dan sebagainya, oleh karena itu nantinya akan ada sosialisasi kemasyarakat tentang Mutu karet untuk meningkatkan harga belinya, semoga segera terealisasi dan harga karet kembali sesuai nilai jualnya kepada tengkulak dan perusahaan untuk kesejahteraan Petani karet”, katanya.

Harga karet yang cepat berubah setiap waktunya tentunya harus menjadi perhatian kita bersama. Kendati demikian ia berharap petani dapat mempertahankan kualitas karet yang akan di jual.(hms11)

Reporter : Humas Pemkab Kubar    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0