20 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Rp87 Miliar Dana Desa Tersalurkan ke 185 Kampung


Rp87 Miliar Dana Desa Tersalurkan ke 185 Kampung
Salah satu sudut Kecamatan Penyinggahan,Kutai Barat, Kalimantan Timur.

KLIKSENDAWAR.COM- Sebanyak 185 kampung di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, telah menerima transfer dana desa dan memanfaatkannya untuk berbagai kegiatan, seperti pembangunan infrastruktur desa, pembinaan kemasyarakatan, dan bidang pemberdayaan masyarakat.

"Di Kutai Barat tedapat 190 kampung, dengan adanya 185 kampung yang telah menerima dan memanfaatkan dana desa, maka tinggal lima kampung lagi yang masih proses pencairan," ucap Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar Pendamping Profesional Kabupaten Kutai Barat M Saefudin Bakri, Jumat (22/9/2017).

Total dana desa yang telah diterima oleh 185 kampung tersebut senilai Rp 87,78 miliar. Jumlah sebesar itu merupakan dana desa tahap pertama yang sebanyak 60 persen, sedangkan untuk tahap kedua yang sebesar 40 persen akan ditransfer kemudian setelah petinggi kampung melaporkan penggunaan dana tahap pertama.

Ia menjelaskan bahwa total dana desa dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Kutai Barat pada 2017 sebesar Rp149,7 miliar untuk 190 kampung yang tersebar di 16 kecamatan.

Dari total Rp149,7 miliar itu, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Samarinda melalui Rekening Kas Umum Negara (RKUN) telah mentransfer 60 persen ke RKUD Kabupaten Kutai Barat senilai Rp88,56 miliar.

Ia meyakini lima kampung yang belum menerima transfer dari RKUD tersebut segera menerimanya, karena sekarang sudah dalam proses pencairan ke Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kutai Barat.

Saefudin meminta seluruh kampung yang telah menerima dana desa dan memanfaatkan untuk berbagai kegiatan segera membuat laporan pertanggungjawaban penggunaannya agar bisa dilakukan transfer dana desa tahap kedua.

Menurut ia, proses pencairan dana desa sudah dilakukan sejak Juni lalu. Sejak saat itu, beberapa kampung terus mendapat transfer dari RKUD secara berkala per pekan, sehingga pada pekan ketiga September ini ada beberapa kampung yang baru menerimanya.

"Sejumlah kampung yang baru menerima transfer dana desa, antara lain Kampung Muara Nyahing senilai Rp468,57 juta, Linggang Marimun Rp511,37 juta, Penarung Rp467,79 juta, Rembayan Rp461,55 juta, dan Kampung Muara Bunyut senilai Rp509,29 juta," kata Udin, panggilan akrabnya.(*)

Reporter : Irwan Burhanuddin    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0