20 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

FKUB Kutai Barat Dituntut Terus Ciptakan Kerukunan


FKUB Kutai Barat Dituntut Terus Ciptakan Kerukunan

KLIKSENDAWAR.COM- Wakil Bupati (Wabup) Kubar Edyanto Arkan membuka Orientasi Tokoh-Tokoh Agama, di aula kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kubar, Jalan Moh Hatta, RT XIX, Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak, Selasa (31/10/2017).

Wabup menegaskan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kubar diharapkan menjadi bingkai, menjaga, membina kerukunan yang ada di dalam masyarakat. Di samping itu, mengembangkan toleransi, saling pengertian, saling menghargai satu sama lain.

“Insyaallah semangat kebersamaan yang ada di FKUB ini, terus dipelihara. Karena tidak ada kerukunan jika tidak dipelihara, selalu ada dinamika yang dapat menimbulkan kerenggangan,” katanya.

Kepada tokoh-tokoh agama dalam FKUB Kubar ini, yang mewakili kelompok-kelompok agama, dituntut selalu menumbuhkan hal-hal yang dapat memperkuat bingkai kerukunan. “Mari kita pelihara kebersamaan untuk dapat menjadi yang kuat. Demikian juga apabila ada indikasi yang dapat menceraiberaikan kerukunan, saya mohon FKUB mengambil langkah persuasif dan secara kekeluargaan untuk dapat menyelesaikannya,” pintanya.

Edyanto berkeyakinan FKUB dengan pengalaman dan bimbingan dari FKUB Provinsi Kaltim dan dibina oleh kantor Kementerian Agama, maka dapat menjaga Kubar dengan baik dan menciptakan keamanan. “Atas nama Pemkab Kubar saya menyambut baik kegiatan itu. Berikut mengharapkan kegiatan ini memiliki arti yang sangat besar terhadap kita,” sebutnya.

FKUP diminta memberikan jaminan kepada masyarakat membangun toleransi, kesetaraan, saling menghargai, saling menghormati di dalam pelaksanaan hidup bermasyarakat dan keagamaan. Mengingat Kubar sekarang adalah daerah yang heterogen.

“Untuk itulah Forum Kerukunan Umat Beragama hendaknya dapat wadah kita untuk membingkai kebersamaan jika terjadi perbedaan di dalam masyarakat,” ujarnya.

Wabup Edyanto mengakui, hingga sekarang di Kubar perbedaan tidak pernah menimbulkan perselisihan. Sebaliknya, perbedaan itu memunculkan rasa kebersamaan yang kukuh. “Perbedaan agama dan suku dalam satu keluarga, biasa terjadi. Namun hal itu tidak pernah menimbulkan perselisihan maupun percekcokan,” tegasnya

Kepala Kantor Kemenag Kubar M Isnaini menambahkan, kegiatan orientasi itu diikuti oleh pengurus FKUB dan tokoh-tokoh agama yang ada di wilayah Kubar.

Sedangkan Ketua FKUB Kubar Ev Petrus Satian menyambut baik kegiatan dimaksud. Melalui dialog lintas agama hendaknya dapat menciptakan kerukunan umat beragama, saling bersatu, saling akrab, sehingga menciptakan kedamaian.

“Semoga kita mampu memberi semangat untuk tetap fokus dan bergairah membangun bangsa dengan cara menciptakan kerukunan,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua FKUB Kaltim Asmuni Ali, perwakilan Kanwil Kementerian Agama Kaltim, Ketua Forum Pemuda Lintas Agama (PELITA) Kaltim Arif Maula, Ketua Forum Pelita Kubar Dedi Setiadi, dan kepengurusan Forum Pelita Kubar. (hms19)

Reporter : Humas Pemkab Kubar    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0