12 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Warga Diajak Cintai Produk Khas Kutai Barat


Warga Diajak Cintai Produk Khas Kutai Barat

KLIKSENDAWAR.COM- Era modernisasi, globalisasi informasi, dan kemajuan teknologi komunikasi saat ini sangat berdampak pada rasa kecintaan terhadap seni dan budaya daerah. Sehubungan hal itu, Bupati FX Yapan mengingatkan masyarakat agar mencintai budaya dan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal.

“Mari bersama mencintai produk khas Kubar seperti kerajinan, kuliner, dan lainnya. Berikut, busana khas daerah. Dengan cara itu, berarti warga Kubar ikut mempromosikan dan memajukan perekonomian,” kata Bupati Yapan pada upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-18 Kubar di Taman Budaya Sendawar, Senin (6/11/2017).

Selanjutnya, dikatakan, warga Kubar harus bangga mengenakan hasil produk seni dan budaya serta kuliner khas Kubar. “Apabila tidak ada kerja sama dan sinergi yang baik dari semua pihak, sulit untuk menciptakan kemajuan daerah. Makanya, mari bersama-sama melestarikan tradisi budaya warisan nenek moyang kita,” lanjutnya.

Sedangkan Wakil Bupati (Wabup) Kubar Edyanto Arkan mengatakan, pemerintah telah memunculkan kembali di dalam visi, yakni menghidupkan budaya lokal. Itu untuk menunjukkan identitas kebanggaan dan kecintaan masyarakat Kubar dengan menggunakan seni dan budaya yang ada di Kubar.

“Sekarang sudah banyak budaya Kubar yang terekspos dan mulai dikenal. Budaya Kubar itu berupa seni, pakaian, dan hasil kerajinan. Untuk itulah, semua kalangan dituntut mencintai budaya daerah,” ujarnya.

Sekkab Kubar Yacob Tullur mengakui, Kubar memiliki berbagai keberagaman adat istiadat dan budaya. Itu tergambar dari enam etnis yang ada di Kubar, yakni Benuaq, Melayu, Tunjung, Bahau, Kenyah, dan Aoheng. Keberagaman dimaksud, selanjutnya ditampilkan dalam upacara peringatan HUT ke-18 Kubar tahun ini. Warga dianjurkan mengenakan pakaian daerah masing-masing. KLIK JUGA: Ajak Warga Membangun Kubar, Bupati Yapan: Mari Rapatkan Barisan

“Semua warga Kubar mempunyai peran dan wajib berpartisipasi untuk terlibat dalam pembangunan sesuai kemampuan dan peran masing-masing. Mari keberagaman itu kita jaga dengan baik sehingga mampu menjadi sebuah kekuatan,” harapnya. (*)

Reporter : Nur Oktavia    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0