20 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Selesaikan Jembatan ATJ, Pemkab Bakal Pinjam Dana


Selesaikan Jembatan ATJ, Pemkab Bakal Pinjam Dana
Pemerintah Kabupaten Kutai Barat akan terus berupaya agar Jembatan ATJ di Kelurahan Melak Ilir dapat diselesaikan.

KLIKSENDAWAR.COM- Meski kondisi keuangan sekarang lagi minim, Pemkab Kutai Barat bertekad melanjutkan penyelesaian pembangunan Jembatan Aji Tulur Jejangkat (ATJ) di Kelurahan Melak Ilir, Kecamatan Melak.

Wakil Bupati (Wabup) Kubar Edyanto Arkan mengatakan, progres jembatan ATJ saat ini sekitar 74 persen. Untuk merampungkan jembatan tersebut, diperkirakan membutuhkan dana Rp 200 miliar.

Berbagai upaya dilakukan, salah satunya peminjaman kepada pihak pendanaan melalui bank dan sarana multi-infrastruktur, kata Edyanto Arkan setelah upacara peringatan HUT Kubar ke-18, di Taman Budaya Sendawar, Senin (6/11/2017).

Wabup menjelaskan, agar dapat melakukan peminjaman dana ini, pemerintah harus mendapat jaminan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Untuk meyakinkan, Pemkab Kubar akan melakukan presentasi kepada Kemendagri di Jakarta dalam waktu dekat ini.

Hal tersebut untuk mendapatkan jaminan. Jadi, Pemkab Kubar bisa melakukan pinjaman kepada SMI atau bank lain. Itu pun sesuai dengan persyaratan, Pemkab Kubar harus mendapatkan wajar tanpa pengecualian (WTP) minimal dua tahun.

Alhamdulillah, selama dua tahun Kubar telah mencapai WTP itu. Itulah syarat untuk dapat melakukan pinjaman, ucapnya.

Dengan adanya dana pinjaman itu, diharapkan jembatan ATJ akan terselesaikan. Pekerjaan akan dimulai pada 2018 depan. Untuk penyelesaian pembangunan ATJ, kami sudah berkoordinasi dengan PT Waskita Karya, paling cepat sekitar 16 bulan atau 1,4 tahun, paparnya.

Apabila jembatan ini selesai dan berfungsi, memberikan dampak positif bagi warga Kubar. Di antaranya, membantu percepatan perkembangan ekonomi masyarakat dan daerah-daerah yang akan dilalui seperti membantu akses pemasaran hasil bumi ke Sendawar selaku ibu kota kabupaten.

Jalan yang menuju Kampung Abit dan lainnya di Kecamatan Mook Manaar Bulatn, secara bertahap akan dilanjutkan pembangunannya. (*)

Reporter : Irwan B | Humas Pemkab Kubar    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0