12 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Masyarakat Diimbau Aktif Jaga Kondusifitas Daerah Jelang Pemilu


Masyarakat Diimbau Aktif Jaga Kondusifitas Daerah Jelang Pemilu
Assisten I, Silas Sinar (tengah) didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kubar, Hermanuddin dan komisoner KPUD Kubar, Arkadius Hanyeq saat Sosialisasi UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum | Foto: Avrand

KLIKSENDAWAR.COM - Ratusan peserta dari delapan kampung mengikuti Sosialisasi UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Sosialisasi dibuka langsung Asisten I Pemkab Kubar Silas Sinar, di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat (ATJ), Selasa (14/11). Tampak hadir dalam kesempatan itu sejumlah Kepala Dinas, Badan, Kantor, di lingkup Pemerintah Kabupaten Kubar, serta perwakilan Kodim 0912.

Dalam sambutannya, Silas Sinar mengatakan, lewat sosialisasi ini para peserta dapat mengenali berbagai persoalan dalam penyelenggaraan Pemilukada, utamanya dalam menghadapi pilkada serentak tahun 2018 serta Pileg 2019 mendatang, sekaligus sebagai upaya mengantisipasi konflik di masyarakat.

"Kegiatan ini sebagai bentuk pembinaan dan pembelajaran politik bagi masyarakat, agar kedepan penyelenggaraan Pemilu bisa terselenggara dengan baik dan sukses," ungkapnya.

Ia pun meminta para peserta dapat memanfaatkan sosialisasi ini sebagai kesempatan dalam menambah pengetahuan, pemahaman, serta kapasitas diri terkait perundang-undangan dan keterlibatan masyarakat dalam politik.

"Selain juga masyarakat diharap tetap menjaga situasi yang kondusif, dan mampu bekerjasama dengan semua pihak. Baik aparatur Pemerintah, KPUD, penegak hukum, hingga partai politik, melalui konsolidasi peran dan fungsinya masing-masing dalam menjaga ketertiban dan keamanan," harap Silas Sinar.

Sementara Kepala Badan Kesabangpol Kubar, Hermanuddin, melalui Kepala Bidang Politik Dalam Negeri, Isak Pongsamma, mengatakan kegiatan ini sebagai sarana koordinasi bagi semua pihak untuk bersama nmensukseskan Pilgub 2018 dan Pileg 2019, serta menginventarisir berbagai masukan dan permasalahan yang timbul dalam persiapan hingga pelaksanaan nantinya.

Menurut Isak Pongsamma, kegiatan dibagi dalam tiga zona. Dimana zona satu diikuti delapan kecamatan, terdiri dari Barong Tongkok, Melak, Sekolaq Darat, Linggang Bigung, Tering, Long Iram, Nyuatan, dan Mook Mannar Bulan.

Lalu zona II dipusatkan di Kecamatan Muara Lawa, diikuti 109 peserta dari empat kecamatan. Masing-masing Muara Lawa, Damai, Siluq Ngurai, dan Bentian Besar. Serta zona III dipusatkan di Kecamatan Muara Pahu, diikuti empat kecamatan, diantaranya Muara Pahu, Penyinggahan, Jempang, dan Bongan. Dengan pemateri dari KPUD Kutai Barat.

"Kami pun berharap para peserta dapat menyampaikan hasil sosialisasi ini ke masyarakatnya, terutama bagi aparat desa," harap Isak. (*)

Reporter : Avrand Wijaya    Editor : Revo Adi Merta



Comments

comments


Komentar: 0