28 Maret 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Mengaku Timses Bupati, Dua Tersangka Penipuan Diamankan Polres Kubar


Mengaku Timses Bupati, Dua Tersangka Penipuan Diamankan Polres Kubar
Dua tersangka penipuan diamankan Polres Kutai Barat

KLIKSENDAWAR.COMKepolisian Polres Kutai Barat (Kubar) amankan dua tersangka penipuan terhadap sejumlah Pegawai Negeri Sipil (Pns) di lingkup Pemkab Kubar. RA (34 tahun) dan SD (41 tahun), warga Kelurahan Loa Ipuh Tenggarong, setelah berhasil mengelabui korbannya hingga belasan juta Rupiah.

Modusnya, kedua pelaku mengaku sebagai tim sukses Bupati Kubar periode 2016 - 2021, FX Yapan dan Edyanto Arkan. Kemudian pelaku meminta sejumlah uang kepada korban, dengan alasan sumbangan untuk syukuran atas kemenangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih.

"Kedua pelaku sudah kami amankan, setelah dibekuk petugas pada Rabu, 29 Juni 2016 lalu," ujar Kapolres Kubar AKBP Hindarsono melalui Kasat Reskrim AKP Triyanto.

Menurut AKP Triyanto, dalam menjalankan aksinya, kedua pelaku membawa proposal ke Sekretariat Pemkab Kubar dan meminta bantuan dana untuk syukuran atas kemenangan Bupati dan Wakil Bupati. Proposal tersebut kemudian juga disebar ke sejumlah pegawai lainnya, hingga meraup puluhan hingga ratusan ribu Rupiah dari masing-masing Pns.

Petugas Kepolisian yang kemudian mendapat kabar tersebut langsung melakukan penindakan, dan membekuk pelaku di Tenggarong Kutai Kartanegara. Atas perbuatan tersebut, kedua tersangka dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan, dengan ancaman empat tahun penjara.

“Kami masih melakukan penyelidikan terhadap pelaku, guna pengembangan apakah ada keterlibatan keterlibatan tersangka lainnya,” tandasnya. (*)

 

Reporter : Ferdian Alamsyah    Editor : Juna Basir



Comments

comments


Komentar: 0