25 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Promosi Budaya Daerah, Kwarcab Kubar Tampilkan Tari Kreasi Hingga Makanan Khas


Promosi Budaya Daerah, Kwarcab Kubar Tampilkan Tari Kreasi Hingga Makanan Khas
Kwartir Pramuka Putri Kubar ikuti karnaval Perkempinas III (Foto: Avrand)

KLIKSENDAWAR.COM - Pramuka Putri Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Kutai Barat tampilkan tari kreasi daerah, saat penutupan Perkemahan Pramuka Putri Tingkat Nasional (PERKEMPINAS) III di Pantai Manggar, Balikpapan. Diawali karnaval yang diikuti ribuan peserta dari 34 provinsi Se- Indonesia.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kutai Barat, Yakobus Yamon, melalui Bina Damping (Bindam) Kwarcab Kubar, Susi, mengatakan untuk karnaval Kabupaten Kubar menggunakan atribut pakaian daerah, serta berjalan kaki dengan jarak tempuh kurang lebih lima kilometer.

Kemudian, kwartir Kubar turut menyuguhkan menu masakan berupa ikan asin biawan, sebagai masakan khas daerah. Bersama Kwarcab Balikpapan dengan masakan labu santan, Kwarcab Penajam Paser Utara (PPU) dengan menu sambal mangga. Sementara Kwarcab Paser menyuguhkan menu masakan Nasi Bakepor.

“Positif sekali antusias kontingen yang mengikuti kegiatan ini, apalagi banyak yang datang untuk berfoto bersama kami saat mengenakan pakaian daerah. Dan apa yang disuguhkan baik pakaian adat serta masakan, merupakan wujud promosi potensi Kubar. Apalagi banyak yang penasaran ingin berkunjung ke daerah kita," tutur Susi.

Keikutsertaan kali ini diakuinya sangat menyenangkan, mengingat seluruh peserta saling bersilahturahmi dengan utusan lainnya se-Indonesia. Serta bisa mengenal dan memperkenalkan budaya dan adat istiadat Indonesia. Sehingga antara satu dengan lainnya, dapat lebih mengetahui dan memahami kekayaan budaya serta keragaman Indonesia.

"Mudah-mudahan kedepan Kutai Barat diberi kesempatan menjadi tuan rumah. Sehingga kita bisa lebih memperkenalkan kekayaan dan potensi kita ke seluruh Indonesia," harapnya.

Diketahui, Perkempinas III tahun 2017 berlangsung sejak 19- 24 November 2017 di Bumi Perkemahan Pantai Manggar, Balikpapan. Dibuka langsung Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Adhyaksa Dault.(*)

Reporter : Avrand Wijaya    Editor : Revo Adi Merta



Comments

comments


Komentar: 0