12 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Wujudkan Harmonisasi Umat Beragama Melalui Pesparawi


Wujudkan Harmonisasi Umat Beragama Melalui Pesparawi
Bupati FX Yapan berikan piala kepada Pemenang Pesparawi 2017 (Foto: Avrand)

KLIKSENDAWAR.COM - Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) Tingkat Kabupaten Kutai Barat 2017 yang berlangsung di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat (ATJ), ditutup langsung Bupati Kutai Barat, FX Yapan, Senin (27/11) sore.

Juara pertama untuk Kategori Antar Gereja, diraih Paduan Suara GKII Barong Tongkok. Sementara Kategori antar Perangkat Daerah, direbut Paduan Suara Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), serta Kategori antar Sekolah diraih SMA Negeri 2 Sendawar.

Kegiatan Pesparawi tahun 2017 ini menurut Bupati Yapan, memberikan motivasi seluruh umat Kristiani Kutai Barat. Terutama untuk tumbuh dan berkembang membina semangat hidup menggereja.

"Menang atau kalah dalam sebuah perlombaan adalah hal biasa. Yang penting, marilah kita memandang bahwa ini sebagai wujud keindahan hidup umat beragama di Kutai Barat tercinta ini," ujar Bupati.

Dikatakannya, kedepan kegiatan tahunan ini jangan hanya sebagai kebutuhan seremonial belaka, tapi lebih dari pada itu, dapat menjadi motivasi Jemaat Kristen dan Nasrani Kutai Barat, khususnya bidang Paduan Suara Gerejawi untuk berperan aktif mewujudkan Misi Pembangunan. Seperti butir keenam misi pemerintah Kubar. Yakni, penerapan nilai-nilai keagamaan dan budaya luhur dalam upaya menciptakan lingkungan dan hubungan sosial yang harmonis, tertib dan aman berbasis sikap toleransi, tenggang rasa dan gotong royong.

"Wujud solidaritas dan harmonisasi ini pun hendaknya bisa dijadikan bekal oleh masyarakat menuju pribadi yang lebih berkualitas. Dan melalui Pesparawi sekaligus mengembangkan kreatifitas seni budaya, yang hidup dalam tata ibadah umat kristen. Guna memelihara dan melestarikan budaya bangsa," harap Bupati

Sementara salah satu perwakilan juara dari Paduan Suara GKII Barong Tongkok, Editha, mengatakan tidak menyangka tim nya mampu meraih juara pertama, mengingat persiapan yang dilakukan sangat sempit, hanya satu bulan.

Mereka membawakan lagu wajib 'Sambutlah', serta lagu pilihan 'Kandang Domba Itu Rumah-Nya' yang dibawakan dalam satu grup. Ditambah pemusik 13 orang.

"Puji Tuhan kami keluar sebagai juara dan tidak menyangka sama sekali, sebab sebelumnya juga sudah pernah ikut dan baru ini Juara. Kami akan terus memuji Tuhan dengan talenta kami, apalagi dengan juara I tambah semangat lagi tahun depan," papar Editha.

Senada, Paduan Suara BKAD Kubar, melalui Kepala BKAD Sahadi, yang juga mewakili Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara (LPPD) Kubar, mengatakan ajang ini pertama kali diikuti pihaknya, pada kategori yang ditetapkan.

“Awalnya tidak ada target, ikut partisipasi saja. Mudah-mudahan tahun depan dapat termotivasi untuk ikut. Apalagi juri dari luar daerah, sehingga memberikan kepercayaan untuk ikut kegiatan ini,” paparnya.

Tak ketinggalan, Juara I Kategori antar Sekolah SMA Negeri 2 Sendawar melalui perwakilannya Jordi, menyebut persiapan pihaknya pun sangat sempit, kurang lebih satu bulan. Hingga akhirnya berbuah manis dengan keluar sebagai juara.

"Semoga apa yang dicapai ini bisa dipertahankan," ucapnya.

Berikut rincian pemenang Pesparawi 2017 se-Kabupaten Kutai Barat:

 

*Foto Bersama Pemenang Pesparawi bersama Bupati dan Sekkab Kutai Barat

Reporter : Avrand Wijaya    Editor : Revo Adi Merta



Comments

comments


Komentar: 0