12 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pendamping PKH Kubar Matangkan Persiapan Proses Validasi


Pendamping PKH Kubar Matangkan Persiapan Proses Validasi
Tim pendamping PKH Kutai Barat (Foto: Humas Kubar)

KLIKSENDAWAR.COM - Sebanyak 16 Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Kutai Barat, yang tersebar di seluruh Kecamatan ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pendamping dan operator PKH di Balikpapan, Jumat (24/11) lalu.

Pelatihan berlangsung di Ruang Pertemuan Gedung Panin Bank Balikpapan, diikuti empat Kabupaten. Diantaranya, Kabupaten Kutai Barat, Penajam Paser Utara (PPU), Paser, dan Balikpapan.

Ketua tim pendamping PKH Kubar, Cahyono Wijaya, mengatakan kegiatan ini sangat diperlukan. Mengingat penambahan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tahun 2018 pun kian bertambah, serta memiliki sistem yang berbeda dengan menggunakan aplikasi. Sehingga, memerlukan persiapan untuk menghadapi proses validasi.

“ Apalagi saat kesulitan dilapangan ditemui, butuh persiapan untuk menghadapinya. Sebab waktu pun terbatas dan sangat singkat, sesuai arahan Kementerian Sosial. Disamping letak geografis serta akses yang ada pun menjadi kendala,“ ujar Cahyono.

Dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut, maka masing-masing PKH ditiap Kecamatan kata dia, harus memiliki trik serta cara jitu guna mengatasi masalah sesuai kesulitan yang dihadapi.

“Kami berjuang dilapangan untuk bertemu langsung dengan KPM dan calon KPM, sehingga perlu dukungan dari seluruh masyarakat serta instansi terkait. Utamanya pengambil kebijakan dapat turut membantu sukseskan Program PKH dalam mensejahterakan masyarakat di Kubar,” tambahnya.

Sementara Anggi Dwi Wulandari Safitri, Koordinator pendamping PKH wilayah Kalimantan Timur I mengatakan, Bimtek bagi pendamping dan operator PKH ini sebagai persiapan validasi tahun 2018 mendatang.

Materi yang disampaikan berupa kebijakan umum, mekanisme validasi KPM, verifikasi data, serta aplikasi PKH dan sebagainya. Hal tersebut mengingat permasalahan dan kendala yang dihadapi banyak yang berkaitan dengan data, utamanya saat data ganda. Ia berharap data ini bisa sinkron melalui proses perbaikan, ditindaklanjuti verifikasi langsung ke lapangan.

“Khusus bagi pendamping Kubar, karena belum melakukan validasi, tetap bertugas sesuai tanggungjawab. Pendamping PKH dalam Bimtek ini akan diberikan trik menghadapi permasalahan, mengingat kinerja pendamping terpantau saat mengunakan aplikasi. Sehingga progress tiap pendamping pun bisa terlihat,“ terangnya.

"Saya sangat mengapresiasi tim PKH Kubar, dikarenakan letak geografis yang sangat sulit dijangkau. Baik karena kondisi alam, hingga terkena banjir. Namun tim tetap semangat menjalani tugasnya dengan baik," tandas Anggi.

Diketahui, Program PKH merupakan wujud perlindungan sosial bagi Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), melalui bantuan langsung tunai. Dimana keluarga RTSM diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan, sehingga melalui program ini mampu memutus mata rantai kemiskinan antar generasi.(hms19)

*Bimtek Pendamping PKH Kutai Barat

Reporter : Avrand Wijaya | Humas Kubar    Editor : Revo Adi Merta



Comments

comments


Komentar: 0